WORKSHOP DAN REKOMENDASI TEMUAN LAPANGAN

Tim pengambil data lapangan telah selesai melakukan wawancara kepada staf Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan dua organisasi yang bergerak pada isu disabilitas. Adapun Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan yang akan dijadikan sebagai objek wawacara adalah empat Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu: Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Yogyakarta, Rumah Tahanan Negara Kelas II Yogyakarta, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Yogyakarta, dan Balai Pemasyarakatan Kelas II Yogyakarta. Sedangkan wawancara kepada organisasi yang bergerak pada isu penyandang disabilitas akan dilakukan kepada peneliti dari organisasi SIGAB dan SABDA yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Wawancara kepada dua organisasi ini dilakukan untuk mendapatkan masukan terhadap ragam dan jenis penyandang disabilitas yang sebelumnya telah disusun oleh Tim Pusham UII.

Data temuan lapangan yang sudah disusun perlu didiskusikan dengan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. Diskusi ini selain untuk mengolah lebih dalam temuan lapangan juga untuk merumuskan rekomendasi yang dapat dilakukan sebagai model pendataan disabilitas, karena output dari kegiatan ini adalah memasukkan instrumen pendataan disabilitas ke dalam Sistem Databased Pemasyarakatan (SDP). Adapun dalam kegiatan ini, selain mengundang Ditjend PAS, juga akan mengundang perwakilan dari organisasi penyandang disabilitas.

TUJUAN KEGIATAN

  1. Mengolah dan mendiskusikan hasil temuan lapangan kepada Ditjend Pemasyarakatan;
  2. Mendiskusikan rekomendasi atas temuan lapangan.

Kegiatan ini merupakan kerjasama dari Ditjen PAS, Pusham UII, serta dukungan The Asia Foundation dan AIPJ2. Kegiatan diselenggarakan dalam bentuk workshop online melalui aplikasi zoom. Dengan fasilitator : Dr. Despan Heryansyah, SH., MH. dengan Muna., SH., MH. Sedangkan Peserta dalam kegiatan ini adalah perwakilan dari Kasubdit terkait semua Direktorat, organisasi penyandang disabilitas, The Asia Foundation, dan tim Pusham UII.

Adapun waktu dan tempat kegiatan :

Hari/Tanggal  : Selasa, 10 Agustus 2021

Pukul            : 09.00 – 13.00 WIB

Tempat         : Via Aplikasi Zoom