Webinar Aktualisasi Pancasila dan Kerukunan Umat Beragama bagi Pemuda

muda menurut Undang-Undang Nomor 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan adalah warga Indonesia yang berumur 16-30 tahun. Pemuda memiliki peran dan tanggung jawab aktif sebagai kekuatan moral, kontrol sosial, dan agen perubahan dalam berbagai aspek pembangunan nasional. Untuk membantu para pemuda meningkatkan segala potensi, kreatifitas dan kemampuannya, maka sangat diperlukan berbagai kegiatan yang bersifat edukatif dan kompetitif.

Melihat kondisi di masa sekarang, peran pemuda sangatlah menentukan masa depan negara Indonesia. Di Kabupaten Kulon Progo, kondisi masa depannya dapat dilihat dari peran pemuda di masa sekarang. Tidak dapat dipungkiri kasus yang ditimbulkan oleh kalangan pemuda sangatlah banyak, mulai dari tindakan kriminal, vandalisme, tawuran, dan lain-lain. Boleh dikatakan peran pemuda yang seharusnya ikut dalam menjaga perbedaan dan menjaga persatuan tercederai oleh ulah beberapa pemuda.

Melihat kondisi yang seperti itu, Forum Pemuda Lintas Agama Kabupaten Kulon Progo akan mengadakan kegiatan webinar tentang “Aktualisasi Pancasila dan Kerukunan Umat Beragama Bagi Pemuda” yang akan dilakukan di Kulon Progo. Menyambut Kulon Progo sebagai “Smart City” tentunya peran pemuda yang selalu mengedepankan toleransi yang tersirat dalam nilai-nilai Pancasila harus selalu digaungkan.

Webinar Aktualisasi Pancasila dan Kerukunan Umat Beragama bagi Pemuda bertujuan untuk:

  1. Membentuk wadah komunikasi pemuda di Kulon Progo.
  2. Membentuk pemuda yang toleran.
  3. Meningkatkan pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Pemateri webinar ini akan di isi oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kulon Progo, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kulon Progo, dan dari Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) dengan moderator Anggoro Wati dari Forum Pemuda Lintas Agama (FPLA) Kulon Progo. 

Pembicara pertama, Agung Mabruri Asrori, SH selaku Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kulon Progo akan berbicara mengenai potensi kerawanan sosial dikalangan pemuda lintas agama sehingga pentingnya para pemuda lintas agama saling belajar dan memahami satu sama lain sebagai umat beragama. Hal ini akan membuat para pemuda bisa memiliki kepekaan terhadap sesamanya dan saling menghargai satu sama lain.

Pembicara kedua, Mudopati Purbohandowo, S.STP selaku Kepala Bidang Politik dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan Bakesbangpol Kulon Progo. Pak Mudopati akan berbicara mengenai kerawanan sosial di kalangan pemuda sehingga perlunya pemahaman mengenai rasa kebersamaan sebagai anak bangsa yang selalu menjaga persatuan.

Pembicara ketiga, Dr. Muhammad Sabri, M.A selaku Direktur Pengkajian Materi BPIP RI akan berbicara mengenai nilai-nilai Pancasila dan bagaimana mengaktualisasikan Pancasila bagi kehidupan pemuda.

Webinar Aktualisasi Pancasila dan Kerukunan Umat Beragama bagi Pemuda akan dilaksanakan pada Hari Rabu, 28 Oktober 2020. Pukul : 14.00 – 16.30 WIB. via Aplikasi zoom