Pemuda Bicara Kerukunan dan Kebangsaan

Forum Pemuda Lintas Agama (FPLA) merupakan organisasi yang terdiri dari para pemuda perwakilan masing-masing agama di Kulon Progo. Forum ini dibentuk sebagai sarana perjumpaan, saling mengenal, memahami dan bekerjasama antar pemuda lintas agama. Dari forum ini akan muncul agen-agen perdamaian. Mereka menjadi tali pengikat bagi yang berserakan, tali penghubung bagi yang tak tersambung dan suara bagi perwujudan kerukunan dan perdamaian.

Pada momen peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke-76, FPLA berinisiatif mengadakan kegiatan bincang pemuda lintas agama. Momen ini penting karena bisa menjadi inspirasi bagi para anak muda merefleksikan kembali spirit agama bagi perdamaian dan kebangsaan. Terlebih para anak muda menghadapi tantangan globalisasi melalui pembangunan dan media sosial yang membuat mereka saling terhubung dengan beragam informasi dan isu di belahan dunia. Seringkali peristiwa-peristiwa yang disadurkan dari informasi media mencampuraduk emosi para pembacanya. Perlu adanya keluasan pengetahuan dan kedalaman pikiran yang terinspirasi dari nilai-nilai agama untuk melihat segala sesuatu secara jenih.

Untuk alasan tersebut, PUSHAM UII yang bekerjasama dengan Pemda dan FKUB memandang perlu adanya forum bagi anak muda lintas agama membicarakan kerukunan dan kebangsaan versi pemuda. Apalagi anak muda selalu memiliki ide kreatif dalam mengembangkan dan menyebarkan gagasan perdamaian. Harapannya makin banyak orang anak muda yang peduli akan kehidupan publik yang rukun dan damai.

 

Tujuan

Kegiatan ini bertujuan untuk memberi ruang bagi para anak muda lintas agama berbicara tentang peran pemuda menjaga kerukunan dan kebangsaan. Ajaran agama yang menjadi inspirasi, bagaimana mempraktikkannya dan ide apa yang bisa dikembangkan untuk menyebarkan kerukunan dan kebangsaan di kalangan pemuda. Selain itu, kegiatan ini diharapkan bisa mengajak lebih banyak anak muda untuk peduli akan kehidupan masyarakat yang damai, toleran dan saling menghargai satu sama lain sebagai umat beragama dan warga negara.

Pembicara dalam kegiatan Pemuda Berbicara Kerukunan dan Kebangsaan berasal dari para pemuda lintas agama. Pembicara dari agama Islam diwakili oleh Muktaf Ajib, Katolik diwakili oleh Valentina Reanita Austin, Kristen diwakili oleh Esti Kinanthi Lestari, Buddha diwakili oleh Ema Kartika dan Hindu diwakili oleh Putu Frisnika Iswara Putri dengan moderator Jeni Dwi Ardini akan berbicara tentang inspirasi ajaran agama bagi kerukunan, cara mempraktikkannya ajarannya di lingkungan masyarakat, cara mengajak lebih banyak anak muda mau terlibat dalam mewujudkan kerukunan umat beragama dan menjaga persatuan bangsa.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

Hari, tanggal    : Senin, 23 Agustus 2021

Waktu             : Pukul 09.30-12.00 WIB

Aplikasi           : Zoom Meeting

Para peserta bincang kerukunan dan kebangsaan berasal dari FPLA dan orang baru yang dihadiri oleh anggota FKUB berjumlah 60 orang.