Dialog Pemuda: Rukun Agawe Sentosa, Crah Agawe Bubrah

Forum Pemuda Lintas Agama (FPLA) Kulon Progo adalah forum para pemuda agama Islam, Kristen, Katolik, Buddha dan Hindu yang berada di Kabupaten Kulon Progo. FPLA terbentuk pada tahun 2015 atas inisiasi Kementerian Agama (kemenag) Kulon Progo dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kulon Progo. Namun FPLA sempat vakum karena tidak ada kegiatan. Pada 26-27 Juli 2019 FKUB Kulon Progo bekerjasama dengan PUSHAM UII mengadakan Kemah Pemuda Lintas Agama di kalibiru, Kokap, Kulon Progo. Salah satu hasil kemah tersebut ialah membentuk FPLA angkatan ke-2.

FPLA angkatan satu dan dua meleburkan diri menjadi satu kepengurusan FPLA Kulon Progo. FPLA sudah membentuk kepengurusan seperti, ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, koordinator masing-masing agama, divisi humas dan kemitraan, divisi penelitian dan pengembangan, divisi pendidikan dan pelatihan, divisi publikasi dan multimedia, dan divisi seni, olahraga dan budaya. Selain itu, FPLA juga membuat Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang disahkan bersamaan dengan kepengurusan pada 6 November 2019.

Dalam rangka peringatan Hari Kerukunan Nasional 3 Januari maka FPLA bekerjasama dengan Pusat Studi Hak Asasi Manusia Universitas Islam Indonesia (PUSHAM UII) serta didukung oleh FKUB Kulon Progo dan Karang Taruna Temon mengadakan Dialog Pemuda: Rukun Agawe Sentosa, Crah Agawe Bubrah.  

 

Tujuan

Dialog Pemuda: Rukun Agawe Sentosa, Crah Agawe Bubrah yang diinisiasi oleh FPLA Kulon Progo dan PUSHAM UII serta didukung oleh FKUB Kulon Progo dan Karang Taruna Temon bertujuan untuk:

  1. Mengenalkan FPLA kepada para pemuda dan organisasi kepemudaan di Kulon Progo.
  2. Berbagi pengetahuan satu sama lain dan mengajak sesama pemuda menjaga kerukunan umat beragama sebagai bagian dari jiwa Hari Kerukunan Nasional.
  3. Mengajak pemuda untuk menjaga kesatuan dan kedamaian sebagai ekspresi kecintaan kepada Kabupaten Kulon Progo.

 

Pembicara

Dialog Pemuda: Rukun Agawe Sentosa, Crah Agawe Bubrah akan menghadirkan beberapa pembicara seperti Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kulon Progo dan FPLA Kulon Progo. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik yang diwakili oleh Bapak Budi Hartono akan berbicara mengenai peran pemuda menjaga kesatuan dan kedamaian umat beragama di Kulon Progo. Segala perbedaan sebaiknya didialogkan tanpa harus melukai perasaan kelompok atau golongan lain.

Sementara Forum Pemuda Lintas Agama akan diwakili oleh Deonida Yosi Rasdyasivi yang pernah mengikuti Sekolah Pengelolaan Keberagaman (SPK) yang diadakan oleh CRCS UGM dan The Asia Foundation akan mengajak peserta dialog saling mengenal satu sama lain. Harapannya para peserta saling mengenal dan berteman sebagai pemuda Kulon Progo. 

 

Pelaksanaan

Dialog Pemuda: Rukun Agawe Sentosa, Crah Agawe Bubrah akan dilaksanakan pada:

Hari, tanggal    : Jumat, 10 Januari 2020

Waktu              : Pukul 19.00- 22.00 WIB

Tempat           : Joglo Gereja Kristen Jawa Temon, Kadilangu Lor, Temon Kulon, Kulon Progo

Peserta

Peserta yang hadir dalam Dialog Pemuda: Rukun Agawe Sentosa, Crah Agawe Bubrah berjumlah 55 orang yang berasal dari:

  1. Pusat Studi Hak Asasi Manusia Universitas Islam Indonesia (PUSHAM UII)
  2. Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kulon Progo
  3. Forum Pemuda Lintas Agama (FPLA) Kulon Progo
  4. Karang Taruna Kecamatan Temon
  5. Karang Taruna Desa Temon Kulon
  6. Karang Taruna Desa Temon Wetan
  7. Karang Taruna Desa Kebonrejo
  8. Karang Taruna Desa Kalidengen
  9. Karang Taruna Desa Glagah
  10. KOMPA GKJ Temon
  11. OMK Paroki Wates
  12. IPPNU
  13. IPNU
  14. IMM
  15. IPM
  16. PATRIA
  17. Pemuda Penghayat Kepercayaan
  18. Ranting GP Ansor Temon
  19. Ranting KOKAM Temon
  20. Perempuan Berkebaya Kulon Progo