FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) BISNIS PROSES PENDATAAN PENYANDANG DISABILITAS DALAM SISTEM DATABASE PEMASYARAKATAN

Workshop yang diselenggarakan oleh PUSHAM UII bersama dengan The Asia Foundation, Tim IT, dan Ditjend PAS, merekomendasikan beberapa poin penting. Diantaranya adalah belum ada pendataan terhadap penyandang disabilitas yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan. Sedangkan fitur yang tersedia di dalam SDP hanya mengidentifikasi ciri-ciri fisik seorang WBP/Tahanan, belum ada fitur untuk penyandang disabilitas. sehingga, sampai hari ini jumlah penyandang disabilitas di dalam UPT Pemasyarakat belum terdata dengan baik.

Oleh karena itu, dibutuhkan kebijakan baru untuk mengembangkan SDP yang selama ini ada, agar menyediakan fitur pendataan bagi penyandang disabilitas. Ini semata-mata didasarkan pada kondisi lapangan saat ini, dimana tidak tersedianya data penyandang disabilitas. Tindak lanjut yang pertama kali harus dilakukan adalah menyusun bisnis proses pendataan, baik terkait dengan subjek pendata, juga objek pendataan harus menggunakan model apa. Oleh karenanya dibutuhkan fokcus group discussion untuk merumuskan bisnis proses ini.

TUJUAN KEGIATAN

1. Merumuskan bisnis proses pendataan penyandang disabilitas dalam SDP;

2. Menentukan model asesmen pendataan disabilitas yang akan digunakan.

3. Menyusun rencana tindak lanjut

 

Kegiatan ini diselenggarakan dalam bentuk Fokus Group Discussion online melalui aplikasi zoom. dengan fasilitator kegiatan Dr. Despan Heryansyah, SH., MH. dan Amran Rosadi., SH., MH. Peserta dalam kegiatan ini adalah perwakilan dari Kasubdit terkait semua Direktorat, terutama Tikers, organisasi penyandang disabilitas (Sigab), The Asia Foundation, dan tim IT TAF, dan tim Pusham UII (Tim SDP), berjumlah 20 orang. Kegiatan ini merupakan kerjasama dari Ditjen PAS, Pusham UII, serta dukungan The Asia Foundation dan AIPJ2.

WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Hari/Tanggal   : Jum’at, 20 Agustus 2021

Pukul               : 09.00 – Selesai

Tempat            : Via Aplikasi Zoom