TRANSNATIONAL CORPORATION (TNCs)_Pointers

Oleh: M. ARIEF AMRULLAH

SEJARAH DOMINASI DAN EKSPLOITASI MANUSIA ATAS MANUSIA
PROSES SEJARAH DOMINASI
1. FASE PERTAMA: adalah periode KOLONIALISME, yakni perkembangan kapitalisme di Eropa yang menharuskan ekspansi secara fisik untuk memastikan perolehan bahan baku mentah. Melalui KOLONIALISME proses dominasi manusia telah terjadi dalam bentuk penjajahan secara langsung selama ratusan tahun
2. FASE KEDUA: dikenal sebagai era pembangunan atau era developmentalisme, ditandai dengan masa kemerdekaan negara Dunia Ketiga secara fisik, namun dominasi negara‐negara bekas penjajah tetap dipertahankan terhadap bekas koloni mereka melalui teori dan perubahan sosial mereka. Dalam era ini teori pebangunan atau paham developmentalisme menjadi bagian dari media dominasi yang direkayasa menjadi paradigma dominan untuk perubahan sosial Dunia Ketiga.
3. FASE KETIGA: adalah GLOBALISASI, terjadi menjelang abad XXI, ditandai dengan liberalisasi segala bidang yang dipaksakan oleh lembaga keuangan global dan disepakati GATT dan Perdagangan Bebas suatu organisasi global yang dikenal dengan WTO. Sejak saat itu, era baru telah muncul menggantikan era sebelumnya.